An A to Z handbook on teaching programming
Stock : 2 buku, dapat dipinjam dengan Pak Tommy di ruang Router (Gd, Costantini, Lt.3).
Imagining The Possibilities
Penulis buku adalah seorang guru komputer berpengalaman puluhan tahun, ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan :
seperti apa Computer Science dalam dunia nyata
seperti apa Computer Science dalam kelas (pembelajaran)
dan seperti apa proyek yang berbasis Computer Science, berdasarkan implementasi penulis di sekolahnya untuk peserta didik kelas 1 hingga kelas 12.
Pada akhirnya diharapkan dapat membantu dalam mengindentifikasi kurikulum dan gaya pedagogi yang cocok untuk diterapkan di sekolah kita masing-masing.
Situs pendukung : www.innovativeteacher.org
An Activity-based Approach, 3rd Edition
Parable, practice and pedagogy
Computational Thinking Across the K-5 Curriculum
Buku ini akan mengeksplorasi mengapa kita harus mengajarkan coding dan pemikiran komputasi (khususnya untuk siswa TK dan SD), kemudian memberikan petunjuk bagaimana kita dapat mengajarkan keterampilan ini menggunakan berbagai tools, dan terakhir menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk menambahkan keterampilan ini ke dalam kurikulum dan pengajaran Anda yang sudah ada.
Buku ini dibagi menjadi beberapa beberapa bagian yang setiap bagiannya membahas bagaimana penggunaan suatu tools diintegrasikan ke dalam kurikulum yg ada. Setiap bagian dipaparkan dari 3 konsep utama:
Alasan MENGAPA penggunaan tools tersebut ke dalam kurikulum yg sudah ada memberikan manfaat utk peserta didik.
deskripsi BAGAIMANA untuk memulai penggunaan tools.
Studi kasus dan penerapannya pada dunia nyata dari tools tersebut
Buku ini tidak bersumsi mengajarkan coding sebagai mata pelajaran terpisah, namun justru menunjukkan kepada guru cara memasukkan keterampilan ilmu komputer ke dalam pengajaran yang menjadi tanggung jawab mereka. . Buku ini akan menantang Anda untuk berpikir secara komputasional saat Anda membantu siswa memecahkan masalah dan menciptakan proses berpikir yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
Hal terpenting menurut buku ini adalah terjun dan mulai menggunakan aktivitas-aktivitas dalam buku ini. Di setiap bagian buku, kegiatan dan contoh dilengkapi dengan sumber belajar lain dan tantangan untuk memperdalam pemahaman guru tentang konsep yang dieksplorasi.
Guru dapat menggunakan informasi dalam buku ini untuk:
Membuat model pengambilan risiko.
Gunakan Bee-Bots untuk berlatih huruf dan angka.
Gunakan Code.org untuk membantu pembuat kode muda menjelajahi arah mata angin (atas, bawah, kanan, kiri).
Gunakan Scratch untuk membuat video game yang mendemonstrasikan pengetahuan tentang kelistrikan.
Gunakan Scratch untuk “bermain” dengan konsep estimasi.
Gunakan ARIS untuk membuat tur jalan kaki di komunitas Anda.
Memasukkan aktivitas pengkodean ke dalam pengajaran Standar Praktek Matematika.